Selasa, Juni 18, 2013

Project KADO bareng Sahabat Anak Manggarai

Akhir-akhir ini setiap Minggu, saya sedang asyik berkumpul dengan adik-adik dari kalangan Marjinal di daerah Manggarai untuk mempersiapkan project KADO. KADO itu sendiri merupakan singkatan dari Kreasi Anak Indonesia yang bertujuan untuk mengajarkan adik-adik berkreasi, menciptakan barang atau produk yang bisa menumbuhkan jiwa wirausaha mereka dan berguna untuk masyarakat sekitar. KADO sendiri merupakan proyek dari Yayasan Sahabat Anak, untuk sahabat anak di daerah-daerah. Kebetulan saya ikut projek ini karena dapat info dari twitter dan salah satu teman sudah ikutan terlebih dahulu dan menjadi panitia KADO pusat.
Dari Yayasan SA, saya diberikan tugas menjadi kakak pendamping di daerah Manggarai, nama kelompok adik-adik yang saya bimbing adalah Kelompok Laut. Terdiri dari 10 adik berusia 10-15 tahun, bernama Gilbert, Rama, Ayu, Shinta, Siti, Wiwi, Delfi, Tri, Fara, Nurul.
Dalam proyek ini mereka agak ajaib menentukan kreasi yang akan dibuat. Karena kebanyakan kelompok membuat aksesoris, barang daur ulang tetapi mereka memutuskan untuk membuat masakan. Sempat membuat para kakak pendamping pusing juga bagaimana mewujudkan keinginan mereka itu. Karena tugas kami adalah membimbing mereka.
Berbagai cara kami lakukan seperti mencari sekolah memasak yang bersedia memberikan pelatihan secara percuma sampai memberikan beberapa proposal ke koki yang kami dapat informasinya dari teman, internet dan sebagainya. Dan Alhamdulillah kami memperoleh respon positif dari chef Egi yang bersedia mengajarkan adik-adik membuat Sate Pancak Marshmallow. Dan salah satu kakak pendamping Kak Satu pun bersedia meminjamkan dapur rumahnya untuk dijadikan sebagai tempat belajar adik-adik.
dan ini lah hasil karya pertama mereka;


Dan sekarang mereka harus memikirkan bagaimana cara untuk mempromosikan hasil masakan mereka kepada masyarakat. Alhamdulillah hasil masakan mereka berhasil terjual dan mendapat banyak pesanan dari orang-orang. harga perpcs Rp. 5.000,- mereka jual untuk Sate pancake Marshmallow yang mereka buat.




untuk puncaknya, mereka akan mencoba membuka booth di acara bazaar 1001 Olimpiade buku di Ragunan. Semoga usaha mereka berjalan lancar sehingga mereka tetap semangat untuk berkreasi dan jiwa wirausaha tertanam dari usia muda.

Semangat!!!!!

-XoXo-
Dena

Tidak ada komentar:

wHo aM i

Foto saya
I am an ordinary person who try the best in my life, try to cheer up others and make comes true my wishes. You can easily to recognize me from my curly hair and the glasses. Addicted with traveling and try something new. Careless and moody are the negative side of me so I am so sorry if one day i make a mistake because of that :( I have a motto "be a positive person to make a positive life" Enjoy your life gurls... Cheerss